Show simple item record

dc.contributor.authorHADRIANTI BADU
dc.date.accessioned2013-12-06T01:38:06Z
dc.date.available2013-12-06T01:38:06Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5354
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Gebang 01 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif untuk menemukan konsep pecahan terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari yang hanya mencapai 29,8% pada observasi awal, meningkat menjadi 81,3% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa ini naik mengalami peningkatan menjadi 93,6% pada siklus 2 seiring dengan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 73,37% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 80,33%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 6,96%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 75% sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif untuk menemukan konsep pecahan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru matematika kelas III SD Negeri Gebang 01 Jember. Pembelajaran dengan menerapkan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif juga dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat dan mencerminkan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal dengan penerapan teori Bruner pada pembelajaran kooperatif juga mengalami peningkatan dari ulangan harian dan tes akhir yaitu dari yang hanya sebesar 42,6% menjadi 80,33%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204004;
dc.subjectBelajar Bruner, Pecahan, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record