PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) DI SDN CURAHNONGKO 03 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
IPA masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media
belajar. Pembelajaran masih bersifat pada guru sehingga pembelajaran cenderung
membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa,
cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar
siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui metode
diskusi dengan media Kartu Bergambar (Flash Card) dapat memberikan
pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat
meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III
SDN Curahnongko 03 pada mata pelajaran IPA selama proses pembelajaran melalui
metode diskusi menggunakan media kartu bergambar; (2) bagaimanakah peningkatan
ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 03 dalam pembelajaran
IPA melalui metode diskusi menggunakan media kartu bergambar.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas
belajar siswa selama proses pembelajarana IPA pokok bahasan kenampakan
permukaan bumi melalui metode diskusi dengan media kartu bergambar, (2) untuk
mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada
pokok bahasan kenampakan permukaan bumi melalui metode diskusi dengan media
kartu bergambar.