Show simple item record

dc.contributor.authorEmelia Mahmudah
dc.date.accessioned2013-12-06T01:37:27Z
dc.date.available2013-12-06T01:37:27Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210301113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5351
dc.description.abstractSampai saat ini kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Panji masih rendah dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sekaligus hasil belajar siswa adalah pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Panji pada mata pelajaran ekonomi materi pokok uang semester genap tahun ajaran 2010/2011 dari rendah menjadi tinggi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai portofolio dan tes tulis siswa hingga mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 69. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode pemberian tugas, metode wawancara dan metode dokumentasi. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, 9 wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang berupa nilai portofolio dan tes tulis siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi pokok uang siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Panji. Pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-3 tergolong Sedang. Secara individu nilai rata-rata portofolio dan tes tulis siswa sebesar 68,26 yang berarti belum memenuhi KKM. Secara klasikal, nilai performent, portofolio dan tes tulis siswa belum memenuhi standar ketuntasan, karena baru mencapai 60,61%. Pada siklus II, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dan mencapai kategori Tinggi, sedangkan rata-rata nilai portofolio dan tes tulis siswa secara individu sebesar 81,67 dan secara klasikal mencapai 90,91% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan. Di sini telah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai pelaksanaan pada setiap siklus. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meingkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-3 di SMA Negeri 1 Panji tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301113;
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Panji Situbondo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Uang Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record