PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS V DI SD NEGERI PATRANG 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan
keterampilan proses yang dapat menghasilkan kemampuan menulis laporan
pengamatan siswa kelas 5C, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas 5C
dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses, (3) mendeskripsikan hasil
belajar siswa kelas 5C dalam menggunakan pendekatan keterampilan proses.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Patrang 2 Jember kelas 5C yang terdiri
26 siswa, 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan
keterampilan proses dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik
minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta
saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.
Analisis data aktivitas siswa adalah siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai
52%, Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 68%. Siklus II aktivitas siswa mencapai
80%. Analisis hasil tes pada siklus I mencapai 92% dengan 2 siswa yang tidak tuntas
dari 25 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang tidak tuntas
dari 25 siswa.