• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS (POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI SDN MLOKOREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Fraditya A. S. Budi.pdf (198.8Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Fraditya Ardian Setya Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember yang terdiri dari 27 siswa, 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2011 sampai 14 Maret 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, dan hasil tes individu pada saat penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing berlangsung. Hasil analisis pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mencapai 64,8% sedangkan pada siklus II, persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15,9% menjadi 80,7%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 59,3%, pada siklus II mencapai 85,2%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,9%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5339
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository