PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BAGOREJO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa
kelas IV SDN 02 Bagorejo masih kurang. Dari segi metode yang digunakan oleh
guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan. Selain
itu siswa jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk melakukan percobaan atau
pengamatan dalam rangka menemuakan sendiri informasi. Pembelajaran IPA
menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk
mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam
sekitar secara ilmiah. Dengan demikian, metode Discovery merupakan alternatif yang
cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 02
Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan wujud benda Tahun
Pelajaran 2010/2011. Metode penemuan (Discovery) adalah prosedur pembelajaran
yang mengarahkan siswa untuk dapat memanipulasi objek, melakukan percobaan,
pengamatan, membuat analisis serta menyimpulkan hasil pengamatan. Dengan
demikian, pengetahuan yang diperoleh siswa dapat tahan lama dalam ingatan siswa.
Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ingin mengangkat
permasalahan: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02
Bagorejo pada mata pelajaran IPApokok bahasan sifat dan wujud benda melalui
metode penemuan (Discovery)? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok
bahasn sifat dan wujud benda melalui metode penemuan (Discovery.