PENERAPAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 06 KECAMATAN WULUHAN
Abstract
Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 06
Kec. Wuluhan dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata
pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) nilai
rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai
60%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 60.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
media kokami yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas V SDN Dukuhdempok 06 Kec. Wuluhan yang terdiri dari
13 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan
aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar
siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai
58% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 81%. Selain itu,
dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai
72% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II.