• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA DI SDN KOTAANYAR III PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Januarta Yuli Prastika - 090210204003_1.pdf (388.8Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    IKA JANUARTA YULI PRASTIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN Kotaanyar III rendah. Faktor penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa adalah cara mengajar guru yaitu guru masih menggunakan metode ceramah, penugasan, kurang adanya media ajar dan alat peraga yang menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan model pembelajaran ARIAS Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran ARIAS dengan Metode Eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran ARIAS dengan Metode Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo. Peningkatan dapat dilihat dari persentase motivasi siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 62,14% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen, motivasi belajar siswa meningkat dari kriteria tinggi menjadi kriteria sangat tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen sebesar 40%kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 50% dan meningkat pula di siklus II sebesar 78,5%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di SDN Kotaaanyar III Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013. Saran kepada guru yaitu hendaknya dapat menerapkan model pembelajarana ARIAS dengan metode eksperimen sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5318
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository