Show simple item record

dc.contributor.authorAgus Dwi Andi Putra
dc.date.accessioned2013-12-06T01:09:05Z
dc.date.available2013-12-06T01:09:05Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210391151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5305
dc.description.abstractSiswa SMK diharapkan memiliki kreativitas dalam kegiatan belajarnya, sebab dengan kreativitas yang tinggi maka lulusan SMK akan memiliki nilai lebih didalam dunia kerja yang akan digelutinya, dimana hal ini merupakan tujuan dari SMK yaitu mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMK menurut prinsip SMK sebagai lembaga pendidikan formal perlu ditumbuhkan dan dikembangkan. Kreativitas siswa akan dapat dilihat dari daya kreasi yang ditunjukkan siswa baik dalam proses pembelajaran maupun dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah. Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa dalam pelajaran Kewirausahaan memiliki tingkat kreativitas yang masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari indikator tingkat kreativitas siswa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu latar belakang membaca, partisipasi dalam melaksanakan tugas, keaslian berpikir dan kemampuan membuat analisis sintesis. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa adalah metode Simulasi. Metode simulasi adalah metode pembelajaran dimana siswa yang terlibat didalamnya memerankan dirinya sebagai orang lain agar dapat mempelajari dan merasakan bagaimana orang lain tersebut bertindak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakan penerapan metode simulasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode simulasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanggul kelas XI RPL . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisis secara deskriptif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan siklus spiral dengan model siklus Hopkins. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data observasi, rubrik penilaian aspek kreativitas siswa, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penilaian kreativitas siswa maupun tes yang diperoleh selama penelitian sebelum tindakan (pra-siklus) dan setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Simulasi pada Siklus I dan Siklus II, menunjukkan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Kreativitas siswa secara keseluruhan pada observasi awal sebelum tindakan (prasiklus) menunjukkan skor sebesar 40,6% dimana skor ini tergolong kedalam kategori kreativitas kurang (K). Hasil belajar siswa pada observasi awal sebelum tindakan (pra-siklus) menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 72,5. Setelah tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kreativitas siswa secara keseluruhan pada siklus I menunjukkan skor sebesar 63,71% dimana skor ini tergolong kedalam kategori kreativitas tinggi (T). Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 77. Pada siklus II terjadi perubahan tingkat kreativitas dan hasil belajar siswa. Kreativitas siswa secara keseluruhan pada siklus II menunjukkan skor sebesar 66,83% dimana skor ini tergolong kedalam kategori kreativitas tinggi (T). Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 78,25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Simulasi pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Tanggul kelas XI RPL dapat meningkatkan kreativitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391151;
dc.subjectKewirausahaan Pokok Bahasan Saluran dan Jaringan Distribusi di Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.titlePenerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Saluran dan Jaringan Distribusi di Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record