Show simple item record

dc.contributor.authorFefrida Irma Kusumawati
dc.contributor.authorFERA INDRAWATI
dc.date.accessioned2013-12-06T01:06:18Z
dc.date.available2013-12-06T01:06:18Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204156
dc.identifier.nimNIM080210274081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5299
dc.description.abstractHasil observasi aktifitas siswa pada kegiatan pra siklus persentase rata-rata aktifitas siswa adalah 63,76% dan tergolong kategori kurang aktif. Hasil observasi yang dilakukan terhadap aktifitas siswa selama siklus I, diketahui bahwa siswa tergolong cukup aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I yaitu 68,99%. Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa dalam pelaksanaan siklus II menunjukkan siswa tergolong aktif dengan persentase 80,62%. Persentase peningkatan aktifitas siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 60,47%, sedangkan persentase peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke II sebesar 88,37%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa. Hasil belajar siswa kelas VI pada pra siklus yang didapatkan juga rendah dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 45 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 76, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 56,51. Hasil belajar pada siklus I masih kurang baik dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 80, sedangkan nilai ratarata kelas yaitu 62,51. Pada akhir kegiatan siklus II siswa juga mengerjakan tes formatif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah dipelajari. Hasil belajar pada siklus II semakin meningkat dengan nilai paling rendah dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 100, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 74,21. Hasil belajar IPS siswa dengan penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada pokok bahasan Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat ini mengalami peningkatan. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah 67,44%, sedangkan dari siklus I ke siklus II yaitu 93,02%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204156;
dc.relation.ispartofseries080210274081;
dc.subjectGroup Investigation, Aktivitas dan Hasil Belajar IPAen_US
dc.subjectMasalah Sosial, Pelajaran IPS, Metode Diskusi Kelompoken_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 02 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record