ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN (IMPORTANCE) DAN KINERJA (PERFOMANCE) KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OBYEK WISATA REMBANGAN JEMBER
Abstract
Penelitian ini membahas masalah mengenai kepuasan konsumen yang
berkunjung atau datang ke Obyek Wisata Rembangan Jember, diukur melalui
tingkat performance dan importance kualitas pelayanannya, serta posisi kuadran
atribut-atribut pelayananannya yang diukur melalui lima dimensi kualitas jasa
yaitu dimensi bukti fisik (tangibles), dimensi keandalan (reliability), dimensi
jaminan (assurance), dimensi daya tanggap (responsiveness), dimensi kepedulian
(emphaty).
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan
metode survei. Metode penelitian yang digunakan menggunakan ImportancePerfomance
Analysis. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala Likert dengan skala 1 sampai 5 yang dimulai dengan pernyataan
sangat tidak puas/penting sampai dengan sangat puas/penting.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada
70 orang yang berkunjung pada obyek wisata rembangan sebagai responden, dan
tehnikpengampilan sampel digunakan adalah Purposive Sampling. ImportancePerfomance
Analysis digunakan untuk menganalisis tingkat kepentingan
konsumen dan kinerja perusahaan dengan jelas membandingkan skor Importance
dan skor Perfomance sehingga menghasiikan tingkat kesesuaian. Hasil
perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui posisi kuadran atribut-atribut
pelayanan melalui diagram kartesius.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa atribut yang paling besar
persentase tingkat kesesuaian antara kepentingan konsumen dan kinerja
perusahaan adalah dimens daya tanggap (responsiveness). Sedangkan atribut yang
paling kecil tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan konsumen dan kinerja
perusahaan adalah keandalan (reliability). Hal ini menunjukkan bahwa konsumen
memberikan sorotan yang cukup besar pada dimensi keandalan (reliability)
dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kecakapan karyawan Obyek Wisata
Rembangan Jember.