• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN (IMPORTANCE) DAN KINERJA (PERFOMANCE) KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OBYEK WISATA REMBANGAN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Arumawati Septiningtrias.pdf (561.2Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Arumawati Septiningtrias
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas masalah mengenai kepuasan konsumen yang berkunjung atau datang ke Obyek Wisata Rembangan Jember, diukur melalui tingkat performance dan importance kualitas pelayanannya, serta posisi kuadran atribut-atribut pelayananannya yang diukur melalui lima dimensi kualitas jasa yaitu dimensi bukti fisik (tangibles), dimensi keandalan (reliability), dimensi jaminan (assurance), dimensi daya tanggap (responsiveness), dimensi kepedulian (emphaty). Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Metode penelitian yang digunakan menggunakan ImportancePerfomance Analysis. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan skala 1 sampai 5 yang dimulai dengan pernyataan sangat tidak puas/penting sampai dengan sangat puas/penting. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 70 orang yang berkunjung pada obyek wisata rembangan sebagai responden, dan tehnikpengampilan sampel digunakan adalah Purposive Sampling. ImportancePerfomance Analysis digunakan untuk menganalisis tingkat kepentingan konsumen dan kinerja perusahaan dengan jelas membandingkan skor Importance dan skor Perfomance sehingga menghasiikan tingkat kesesuaian. Hasil perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui posisi kuadran atribut-atribut pelayanan melalui diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa atribut yang paling besar persentase tingkat kesesuaian antara kepentingan konsumen dan kinerja perusahaan adalah dimens daya tanggap (responsiveness). Sedangkan atribut yang paling kecil tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan konsumen dan kinerja perusahaan adalah keandalan (reliability). Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memberikan sorotan yang cukup besar pada dimensi keandalan (reliability) dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kecakapan karyawan Obyek Wisata Rembangan Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5297
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository