• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan Indonesia, Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2010/2011 )

    Thumbnail
    View/Open
    Abdur Rohim.pdf (171.3Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Abdur Rohim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran ekonomi saat ini sering mengalami kendala, diataranya adalah siswa kadang merasa bosan saat mengikuti pelajaran ekonomi, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Berdasakan hasil observasi awal di kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu, ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 masih rendah. Data hasil observasi awal menunjukkan bahwa 45% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru, 38% siswa aktif bertanya, 39% siswa aktif menjawab pertanyaan, 35% aktif mengeluarkan pendapat adapun aktivitas siswa kelas XI IPS 1 yang paling rendah adalah aktivitas mengeluarkan pendapat. Siswa yang tuntas belajar juga masih kurang yaitu hanya 23 siswa yang tuntas dari 40 siswa atau persentase siswa yang tuntas hanya mencapai 57,5%. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Learning Cycle 5e pada materi perpajakan Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN Ambulu tahun pelajaran 2010/2011. (2) Mengetahui aktivitas siswa kelas XI IPS 1 SMAN Ambulu dalam pembelajaran Learning Cycle 5e pada materi perpajakan Indonesia tahun pelajaran 2010/2011. (3) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Learning Cycle 5e pada materi perpajakan Indonesia kelas XI IPS 1 SMAN Ambulu tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model Learning Cycle 5e untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu. Model ini memiliki kelebihanya itu membuat siswa lebih aktif, siswa lebih tertarik pada materi pelajaran, hasil evaluasi kognitif lebih baik. Tahap-tahap dalam model ini melibatkan siswa dalam mengekplorasi pengetahuan awal dan mengkonstruksi pengetahuan awal tersebut menjadi pengetahuan baru. Sesuai rumusan masalah, penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya mengggunakan analisis kualitatif dan analisiskuantitatif. Untuk menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa, maka pembelajaran pada pra siklus sampai siklus 2 digunakan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 69,45% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan besarnya persentase secara klasikal mencapai 83,9% dengan kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus adalah sebesar 57,5%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 77,5%, dan pada siklus 2 sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sampai dengan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan pembelajaran model Leaning Cycle 5e dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu sebesar 83,9% dengan katagori sangat aktif. (2) Dengan menggunakan model Leaning Cycle 5e dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri Ambulu sebesar 82,5% dengan katagori tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5292
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository