• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Fatmizawati.pdf (900.9Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    FATMIZAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan untuk meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Gebang 01 Jember dalam mata pelajaran IPS Pokok bahasan perjuangan melawan penjajah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan pada siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data yang di analisis dalam secara kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara sedangkan data kualitatif didapat dari tes berupa hasil belajar pokok bahasan perjuangan melawan penajajah. Sumber data meliputi, guru, kelas V SDN Gebang 01 Jember. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah pada siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember. Saran dari hasil peneltian ini adalah bagi tenaga pendidik, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan model-model yang digunakan pada pembelajaran kooperatif, dan bagi sekolah yang teliti, dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan diharapkan akan memberikan sumbangan bagi pelajaran IPS di SDN Gebang 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5289
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository