dc.description.abstract | Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan secara umum semakin meningkat. Secara rinci, perolehan presentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan keempat dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) Visual activities dari 93% menjadi 89,9%; 2) Listening activities dari 63,6% menjadi 93,9%; 3) Oral activities dari 45,5% menjadi 75,75%; 4) Writing activities dari 43,3% menjadi 89,4%; 5) Motor activities dari 37,9% menjadi 83%; 6) Mental activities dari 42,4% menjadi 80,3% 7) Emotional activities dari 66,7% menjadi 84,8%, sedangkan persentase ketuntasan belajar mencapai 81,82%, dari 22 siswa terdapat 4 siswa yang memperoleh skor di bawah SKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan Pengerjaan Hitung Bilangan. Saran-saran yang dapat diberikan : bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan model Quantum Teaching berbantuan alat peraga Quisenaire Gattegno pada pokok bahasan pengerjaan hitung bilangan mengalami peningkatan, maka pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika yang menyenangkan sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |