PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PKn (POKOK BAHASAN MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 04 WULUHAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Dukuhdempok 04 Wuluhan. Penentuan
subyek penelitian yaitu di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Desain
yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan
menggunakan model skema penelitian Kemmis & Mc Taggart spiral dengan tahap
penelitian tindakan yang meliputi yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan analisis statistik deskriptif..
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan persentase aktivitas belajar
siswa sebesar 47% dengan kriteria kurang aktif, sedangkan hasil belajar siswa
menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 67%. Pada siklus I, aktivitas
belajar siswa meningkat menjadi 68% dengan kriteria aktif, dan hasil belajar siswa
meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 72%. Pada siklus II,
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor persentase
aktivitas belajar siswa sebesar 76% dengan kriteria aktif yang tinggi. Peningkatan
tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V
SDN Dukuhdempok 04 Wuluhan tahun pelajaran 2010/2011.