• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN PETA KETERKAITAN KONSEP MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ria Erlinda - 070210302060_1.pdf (89.25Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    RIA ERLINDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini pendidikan sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hendaknya harus tepat dan juga memikirkan bagaimana materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa tanpa menambah ataupun menimbulkan terjadinya miskonsepsi. Proses berpikir secara induktif akan mengarahkan siswa berpikir secara bertahap, dari hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum. Siswa diharapkan menjadi terlatih untuk berpikir secara ilmiah, mengolah fakta-fakta sampai dengan pembentukan teori yang mereka temukan sendiri dengan bimbingan guru, sehingga siswa dapat belajar dengan bermakna. Untuk membantu siswa merekam materi pembelajaran sebagai hasil dari proses pembelajaran berpikir induktif maka digunakan media peta keterkaitan konsep Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajarans sejarah di vii kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Besuki ajaran 2012/2013. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah mengkaji pencapaian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji permasalahan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5251
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository