ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN PETA KETERKAITAN KONSEP MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Selama ini pendidikan sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang
membosankan di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam
proses pembelajaran hendaknya harus tepat dan juga memikirkan bagaimana
materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa tanpa menambah
ataupun menimbulkan terjadinya miskonsepsi.
Proses berpikir secara induktif akan mengarahkan siswa berpikir secara
bertahap, dari hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum. Siswa
diharapkan menjadi terlatih untuk berpikir secara ilmiah, mengolah fakta-fakta
sampai dengan pembentukan teori yang mereka temukan sendiri dengan
bimbingan guru, sehingga siswa dapat belajar dengan bermakna. Untuk membantu
siswa merekam materi pembelajaran sebagai hasil dari proses pembelajaran
berpikir induktif maka digunakan media peta keterkaitan konsep
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan
model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajarans sejarah di
vii
kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Besuki ajaran 2012/2013. Tujuan yang ingin
dicapai oleh penulis adalah mengkaji pencapaian peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model
pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan yang
digunakan untuk mengkaji permasalahan adalah pendekatan kualitatif dan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi.
Penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan
konsep