Show simple item record

dc.contributor.authorLukluatul Fuad
dc.date.accessioned2013-12-05T14:02:15Z
dc.date.available2013-12-05T14:02:15Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5246
dc.description.abstractMatematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi, penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan, fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk, struktur-struktur yang logis, dan pengetahuan tentang aturan yang ketat. Melalui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle, siswa diajak untuk belajar secara berkelompok dengan bermain permainan puzzle dan pemberian penghargaan disetiap akhir pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas II B SD Negeri Mumbulsari 01 melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas II B bidang studi MatematikaPokok Bahasan Bangun Datar SD Negeri Mumbulsari 01 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dalam Pokok Bahasan Bangun Datar. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media permainan Bangun Datar bidang studi Matematika pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mumbulsari 01 kelas II B, yang terdiri dari 30 siswa, 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari pre-tes sebelum siklus dilaksanakan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas II B dilaksanakan mulai tanggal 2 April 2012 sampai 11 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas II B SDN Mumbulsari 01 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle. Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 69%, aktivitas guru 78% dan tes individu 70%. Pertemuan II, analisis aktivitas siswa mencapai 74%, aktivitas guru 80% dan tes individu mencapai 80%. Pada siklus II pertemuan III yang merupakan kegiatan pemantapan dengan materi pola bangun datar analisis aktivitas siswa mencapai 80%, aktivitas guru 86% dan tes individu mencapai 83%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 75% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas II B, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%, sehingga peneliti menghentikan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan bangun datar sesudah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) .penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan keterampilan dalam mengemukakan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274066;
dc.subjectKooperatif Tipe Team Game Tournament, Media Permainan Puzzle, aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDY MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI MUMBULSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record