PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN IPS TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI SDN KEBONAN 02 KLAKAH LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain; pembelajaran IPS disajikan dalam pembelajaran yang konvensional
sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Model Pembelajaran Quantum
Teaching memunculkan kemampuan dan bakat alamiah siswa dalam membangun
proses pembelajaran yang efektif.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kebonan 02 KlakahLumajang
dalam
pelajaran
IPS
melalui
penerapan
model
Quantum
Teaching
Tahun
Pelajaran
2011/
2012.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui pembelajaran Quantum Teaching mata pelajaran IPS kelas III SDN Kebonan
02 kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonan 02
Klakah dimulai pada tanggal 17 Oktober 2011 sampai tanggal 21 Januari 2012,
subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 11
laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I dalam
memperhatikan Pelajaran 43,48%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 45,65%,
diskusi 50%, presentasi 45,62%, sampai pembelajaran siklus II mengalami
peningkatan, memperhatikan pelajaran 73,91%, bertanya dan mengeluarkan pendapat
67,39%, diskusi 82,61%, dan presentasi 69,56%. Kemudian hasil analisis ketuntasan
belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara
klasikal sebesar 60,87% dan siklus II secara klasikal sebesar 91,30%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I,
persentase aktivitas siswa sebesar 46,19% termasuk dalam kategori cukup aktif,
sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 73,37% sehingga
meningkat sebesar 27,18% sehingga aktivitas siswa pada siklus II termasuk dalam
kategori aktif. (2) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 60
dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 60,87% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus
II rata-rata hasil belajar sebesar 71,35 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 91,30%
(tuntas).
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran Quantum
Teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS pada siswa kelas III SDN Kebonan 02 Klakah-Lumajang tahun pelajaran 2011/
2012, maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru, diharapkan dapat menerapkan
Model Pembelajaran Quantum Teaching sebagai alternatif untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) Bagi sekolah, hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan model yang dapat
digunakan pada pembelajaran IPS. (3) Berdasarkan hasil temuan penelitian masih
ditemukan beberapa hambatan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan
hendaknya diberikan bimbingan secara individu. (4) Penelitian ini juga dapat menjadi
masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang
tentunya berbeda.