Show simple item record

dc.contributor.authorJUMALA DWI LUCIYANTI
dc.date.accessioned2013-12-05T13:42:35Z
dc.date.available2013-12-05T13:42:35Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5235
dc.description.abstractDari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SD NEGERI AJUNG 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) nilai rata- rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai 50%. Nilai rata- rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60%; (2) guru cenderung masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran; (3) siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang di dapat sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Penelitian Spiral (adaptasi dari Hopkins) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD NEGERI AJUNG 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember yang terdiri dari 50 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata- rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 57% sedangkan nilai rata- rata postes sudah meningkat menjadi 83% . Selain itu, dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada siklus I mencapai 71% meningkat menjadi 82% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen hasil belajar siswa mulai dari komponen kerjasama, mengeluarkan pendapat, dan bertanya menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas hendaknya guru senantiasa dapat menggunakan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD NEGERI AJUNG 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274013;
dc.subjectMetode Eksperimen, Hasil Belajar, IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 KEC. AJUNG KAB. JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record