Show simple item record

dc.contributor.authorISTIQOMAH
dc.date.accessioned2013-12-05T13:37:38Z
dc.date.available2013-12-05T13:37:38Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5230
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar PKN, siswa kelas 1V SDN Antirogo 03 3 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang di dalamnya ada unsur kerja sama yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan suatu masalah dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuan secara mandiri melalui kerja kelompok (Teams), serta pembelajaran menjadi menyenangkan, karena siswa bisa bermain sambil belajar sehingga memudahkan siswa dapat memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn dengan pokok bahasan Globalisasi melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Media Gambar. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 26 maret sampai 9 april 2012 di SDN Antirogo 03 Kec. Sumbsrsari Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II Tahun Ajaran 2011/2012, Analisis hasil belajar siswa pada tes akhir siklus I mencapai 65,7% sedangkan pada siklus II mencapai 96%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas 1V SDN Antirogo 03 mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 60 % siswa telah mencapai nilai ≥ 60. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) ketuntasan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274017;
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR POKOK BAHASAN GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SEMESTER II DI SDN ANTIROGO 03 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record