• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN WRINGINAGUNG 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PROSESNYA MELALUI METODE PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PROSESNYA MELALUI METODE DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN WRINGINAGUNG 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012 WRINGINAG

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Priyanti - 090210204182_1.pdf (241.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Irma Priyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN Wringinagung 03 masih rendah. Metode yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan dari segi media pembelajaran guru jarang menggunakan media, padahal penggunaan suatu media dalam pelaksanaan pengajaran akan membantu kelancaran, efektivitas, dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa jarang mendapatkan kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran mereka hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga membuat siswa pasif dalam belajar hal ini menyebabkan hasil belajar IPA rendah. Siswa belajar aktif ketika mereka secara terus menerus terlibat secara mental dan fisik, dampak dari pembelajaran aktif adalah penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat, efektif. Dalam pembelajaran aktif siswa benar-benar ikut terlibat dan menjadi bagian dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan metode picture and picture dengan media visual merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran IPA yang aktif. Pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dilakukan dengan cara memperlihatkan gambargambar yang sesuai dengan materi pembelajaran, kemudian guru menunjuk siswa secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Dengan cara pembelajaran seperti ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan siswa aktif mengikuti pembelajaran serta merasa terlibat dan menjadi bagian dari proses pembelajaran. Bedasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti mengangkat permasalahan; bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan lingkungan Fisik dan Prosesnya dengan menggunakan Metode Picture and picture dan media visual pada siswa kelas IV SDN wringinagung 03? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Wringinagung 03 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus Hopkins. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Wringinagung 03. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2012 sampai tanggal 20 Februari 2012.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Subyek penelitian adalah kelas IV SDN Wringinagung 03 dengan jumlah siswa 35 terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture dan media visual sangat baik, pelaksanaan disetiap siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siwa sebesar 70,6% meningkat menjadi 81,5% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 28,5% meningkata pada siklus I menjadi 71,3% dan pada siklus II menjadi 94,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Picture and Picture dan media visual dapat menkingkatakan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan prosesnya pada siswa kelas IV SDN Wringinagung 03 pada tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru : penerapan metode Picture and Picture dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hasil penelitian tentang metode Picture and picture dapat digunakan sebagai sarana informasi alternative metode pembelajaran IPA yang efektif guna meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Picture and Picture dan media visual serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5227
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository