Show simple item record

dc.contributor.authorArizal Surya Permadi
dc.date.accessioned2014-03-04T03:06:48Z
dc.date.available2014-03-04T03:06:48Z
dc.date.issued2014-03-04
dc.identifier.nimNIM080810291028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/52203
dc.description.abstractTujuan dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui kinerja pemasaran Depot Jamu Jawara Bondowoso dengan pendekatan Balanced Scorecard dalam empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif analitis yang bertujuan untuk menjabarkan sesuatu dengan cera mendiskripsikan, mencatat, menganalisis, dan mengintepretasikan kondisi yang terjadi saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli produk Jamu di Depot Jamu Jawara Bondowoso. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari external perusahaan yaitu konsumen atau pembeli yang membeli atau mengunjungi depot Jamu Jawara Bondowoso pada waktu penelitian yaitu bulan juli serta seluruh karyawan Depot Jamu Jawara Bondowoso dan internal perusahaan yaitu seluruh karyawan Depot Jamu Jawara Bondowoso Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk konsumen yaitu sebanyak 100 responden dan metode sensus untuk karyawan yaitu sebanyak 19 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, pendekatan Balanced Scorecard dengan diskripsi kualitataif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kinerja pemasaran Depot Jamu Jawara Bondowoso dikategorikan sebagai depot yang memiliki kategori baik karena analisis yang dilakukan berada dalam kategori baik yaitu sesuai dengan standar kinerja yang ditetapkan oleh perusahaan. Kinerja dalam perspektif keuangan dalam keadaan baik karena selama periode penelitian yaitu 2011-2012 mengalami kenaikan sesuai skor yang diperoleh memenuhi kategori perkembangan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Perspektif pelanggan yang diukur dengan bauran pemasaran Depot Jamu Jawara Bondowoso menggambarkan kepuasan konsumen yang baik karena skor yang diperoleh memenuhi kategori yang ditentukan perusahaan. Perspektif proses bisnis internal yang diukur dengan kualitas jasa layanan yang diberikan karyawan dalam menggambarkan keadaan yang cukup baik sesuai kategori yang ditetapkan perusahaan. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang diukur dengan tingkat kapabilitas sistem informasi, kompetensi dan infrastruktur serta kepuasan karyawan masuk dalam kategori baik karena skor yang diperoleh memenuhi kategori yang ditetapkan perusahaan. Penelitian ini tidak membandingkan antara kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard dengan kinerja perusahaan yang menggunakan pendekatan konfensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0808 1029 1028;
dc.subjectKinerja Pemasaran, Jamu Jawara Bondowoso, Balanced Scorecarden_US
dc.titlePengukuran Kinerja Pemasaran Depot Jamu Jawara Bondowoso Dengan Pendekatan Balanced Scorecarden_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record