VARIABEL-VARIABEL YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ACER ASPIRE S-3 OLEH MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Budaya,
Pribadi, Lingkungan Sosial, Kondisi Psikologis, dan Popularitas Produk terhadap
keputusan pembelian laptop Acer Aspire S-3 oleh mahasiswa Jurusan Manajemen,
Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang telah/pernah memutuskan untuk
membeli laptop Acer Aspire S-3 dan yang belum memutuskan untuk membeli
laptop Acer Aspire S-3. Sampel penelitian berjumlah 100 responden, diperoleh
dengan metode accidental sampling, yaitu apabila dijumpai mahasiswa Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang menggunakan laptop
Acer Aspire S-3, peneliti langsung meminta yang kesediaan yang bersangkutan
menjadi sampel penelitian. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh
dengan mengumpulkan jawaban dari kuesioner responden. Selanjutnya data
tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logistic. Regresi Logistik
merupakan bagian dari analisis regresi, yang digunakan untuk memprediksi
probabilitas kejadian suatu peristiwa, dengan mencocokkan data pada fungsi logit
kurva logistik.
Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Budaya, Pribadi,
Lingkungan Sosial, Kondisi Psikologis, dan Popularitas Produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian laptop Acer Aspire S-3 oleh mahasiswa Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.