PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X - A SMA NURIS JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada
tanggal 26-30 Januari 2013 yang dilakukan di SMA Nuris Jember, dapat diketahui
pembelajaran sejarah di SMA Nuris Jember, khususnya kelas X-A masih belum
mencapai hasil yang memuaskan, hal ini dikarenakan beberapa faktor dan faktor yang
paling menentukan adalah penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal
dan bervariasi sehingga aktivitas dan hasil Belajar rendah dikarenakan kurangnya
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah.
Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu ”
(1)Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen
(TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah siswa kelas X-A
semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013, (2) Apakah
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT)
kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013 dapat
Meningkatkan hasil belajar sejarah.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A SMA Nuris Jember dengan
menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT
)pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah metode
pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat
meningkatkan aktivitas belajar sejarah kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember
tahun pelajaran 2012-2013. (2) Meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan
metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) kelas X-A
semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013. aktivitas siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-
viii
ASMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah
“penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif
dan kuantitatif data hasil penelitian ini yaitu aktivitas belajar untuk menegetahui
peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I
dan Siklus II.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelumnya nilai aktivitas belajar siswa yaitu
39,54%, pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan sangat aktif
ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa berdasarkan beberapa aspek yaitu
mendengarkan uraian (penjelasan dari guru), diskusi kelompok dan disertai
permainan di dalam pembelajaran yang mencapai rata-rata nilai aktivitas 60,21%.
Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan kategori aktivitas
belajar adalah sangat aktif yaitu 80,46% dari rata-rata nilai aspek-aspek aktivitas
belajar yang telah ditentukan. Sedangakan peningkatan hasil belajar siswa yang
dinilai dari pemberian tugas serta dilakukannya post tes dan pre tes dari siklus 1 yang
mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 45,16%dan pada siklus 2 mencapai 80,64%.
Sehingga dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang signifikan yang
ditunjukkan dengan meningkatnya nilai aktivitas dari sebelum tindakan sampai
pelaksanaan siklus dengan menggunakan metode metode pembelajaran kooperatif
tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT)
Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode metode
pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas
X-A SMA Nuris Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013.