PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI SDN CANGKRING 02 KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011- 2012
Abstract
Materi PKn pada umumnya merupakan materi yang berusaha menanamkan
konsep yang bersifat abstrak. Artinya konsep tersebut berkaitan dengan sikap
siswa yang nantinya harus terinternalisasai pada diri siswa. Oleh karena itu
diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari PKn. Pembelajaran PKn di
sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu
metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Cangkring 02 jember,
terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V masih kurang
dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria
ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN cangkring 02 Jember.
Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran PKn ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif
Teams games tournament pada Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Di
Lingkungan sekolah dan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada
mata pelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan
sekolah dan masyarakat. melalui model pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif Teams games tournament di SDN Cangkring 02
Kabupaten Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok Bahasan Kebebasan
Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas V di SDN Cangkring 02 Kabupaten Jember. Hipotesis pada penelitian ini
adalah jika guru menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif
Teams games tournament dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan
Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat, maka aktivitas siswa dan
hasil belajar siswa kelas V SDN Cangkring 02 Jember dalam pembelajaran PKn
akan meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cangkring 02 tahun ajaran
2011-2012 dengan jumlah siswa 40 siswa. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa
pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses
pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 21 November 2011 – 18 Februari 2012.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui
model pembelajaran kooperatif Teams games tournament kokami pada mata
pelajaran PKn pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah
dan masyarakat mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari
nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus 1 mencapai 68 %. Sedangkan pada
siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 79,8 %. Selain itu Hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams games tournament
pada pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan
sekolah dan masyarakat juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh
persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83 %. Sedangkan siklus 2
diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100 %. Adapun
saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif
selama kegiatan pembelajaran PKn, sementara guru hendaknya menerapkan
model pembelajaran kooperatif Teams games tournament pada pembelajaran PKn
untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa.