• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI SDN CANGKRING 02 KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011- 2012

    Thumbnail
    View/Open
    IDA JUMROTIN - 100210274022_1.pdf (42.43Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    IDA JUMROTIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi PKn pada umumnya merupakan materi yang berusaha menanamkan konsep yang bersifat abstrak. Artinya konsep tersebut berkaitan dengan sikap siswa yang nantinya harus terinternalisasai pada diri siswa. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari PKn. Pembelajaran PKn di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Cangkring 02 jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN cangkring 02 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif Teams games tournament pada Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat. melalui model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams games tournament di SDN Cangkring 02 Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Cangkring 02 Kabupaten Jember. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif Teams games tournament dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat, maka aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cangkring 02 Jember dalam pembelajaran PKn akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cangkring 02 tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 40 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2011 – 18 Februari 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams games tournament kokami pada mata pelajaran PKn pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus 1 mencapai 68 %. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 79,8 %. Selain itu Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams games tournament pada pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi Di Lingkungan sekolah dan masyarakat juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83 %. Sedangkan siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100 %. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan pembelajaran PKn, sementara guru hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams games tournament pada pembelajaran PKn untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5215
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository