• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERJUANGAN RAKYAT MADURA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DI MADURA TAHUN 1945-1950

    Thumbnail
    View/Open
    hosnol skripsi_1.pdf (4.873Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    HOSNOL ROSIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang pemilihan permasalahan skripsi ini yaitu Belanda mulai mengincar Madura karena kestrategisan lokasinya dalam mengamankan pangkalan armada di Surabaya. meskipun Madura tidak memiliki sumberr daya, namun Belanda ingin mendirikan Madura sebagai negara bagian. Selain itu tujuan utamanya untuk merekrut pasukan yang nantinya dapat membantu Belanda terhadap daerah yang akan didudukinya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, (1)Apa latar belakang perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950?; (2)Bagaimana bentuk perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah ingin mengkaji secara mendalam mengenai; (1) Untuk mengkaji secara mendalam tentang latar belakang perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950; (2) untuk mengkaji secara mendalam bentuk perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950. Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu, (1)bagi penulis, dapat mengetahui dan memahami latar belakang perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950; (2)Bagi generasi penerus dengan mempelajari sejarah khususnya perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950 dapat menambah wawasan dan dapat diambil pelajaran dari sejarah perjuangan; (3)Bagi pendidikan, mengajarkan siswa mengenai sikap mental dari perjuangan rakyat Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura tahun 1945-1950; (4)Bagi almamater dapat menambah khsanah Ilmu Pengetahuan terutama berkaitan dengan masalah sejarah. Metode penelitian tersebut terdiri atas heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil dari pembahasan yaitu setelah Belanda melancarkan aksi militernya ke daerah Madura akhirnya Madura dapat dikuasai dan Belanda berhasil mendirikan negara Madura. Dengan berdirinya negara Madura ternyata rakyat, menuntut bubarnya negara Madura. Adanya tuntutan rakyat akhirnya pada tanggal 9 Maret 1950 negara Madura dibubarkan dan kembali ke NKRI. Kesimpulan yang dapat diambil Belanda datang ke Madura melakukan berbagai cara yaitu menerapkan blockade ekonomi dan politik devide et impera. Dalam menghadapi kedatangan Belanda ke Madura, rakyat Madura membentuk badan-badan perjuangan dan mengatur strategi perjuangan. Belanda melancarkan aksinya tanggal 4 Agustus 1947 ke daerah Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan terakhir Sumenep. Belanda membentuk negara Madura yang disyahkaannya pada tanggal 20 Februari 1948 oleh Letnnan Jendral Belanda Van Mook ternya rakyat Madura tidak mendukunng. Pada bulan Februari 1950 terjadi demonstrasi bubarnya negara Madura sehingga atas tuntutan rakyat pada tanggal 19 Maret 1950 Madura ditetapkan sebagai Residensi dari RI. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat penulis kemukakan yaitu,(1)Bagi peneliti, sebaiknya rajin membaca hasil penelitian orang lain sebagai bahan perbandingan dan sebagai bahan pengetahuan agar hasil penelitian lebih bermutu; (2)Bagigenerasi penerus, khususnya program pendidikan sejarah sebagai calon guru sejarah hendaknya lebih memperdalam penguasaan materi sejarah terutama sejarah lokal sebagai bekal terjun ke dunia pendidikan; (3)Bagi pendidik, hendaknya mengajarkan siswa mengenai sikap mental dari perjuangan Madura dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Madura; (4) bagi almamater, hendaknya lebih meningkatkan mutu pelayanan lebih banyak literatur, agar penelitian ini dapat terus dikembangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5214
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository