PENERAPAN STRATEGI INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 LAPE KABUPATEN SUMBAWA PROPINSI NTB TAHUN AJARAN 2011-2012
Abstract
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama setiap warga negara.
Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses pendewasaan dan pemandirian siswa.
Peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat tercipta melalui suatu proses
pembelajaran yang interaktif atau timbal balik antara guru dengan siswa dan juga
siswa dengan siswa yang lainnya. Kualitas dari suatu pembelajaran dapat
ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan menggunakan
strategi dan metode yang benar dalam pembelajaran.
Strategi inquiri merupakan salah satu strategi yang diharapkan dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Strategi inquiri digunakan dalam
pembelajaran untuk membentuk keaktifan siswa.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: bagaimana
pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi
inquiri pada materi tentang proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak
pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia di kelas XI
IPS 1 SMA Negeri 1 Lape, kabupaten Sumbawa Proponsi NTB tahun ajaran
2011/2012. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah: mengkaji
pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi
inquiri pada materi tentang proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak
pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia di kelas XI
IPS 1 SMA Negeri 1 Lape, kabupaten Sumbawa Proponsi NTB tahun ajaran
2011/2012. Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi
vii
siswa, agar lebih termotifasi untuk meningkatkan kreatifitas berfikir dalam
pembelajaran bidang studi Sejarah; (2) Bagi guru, terutama guru Sejarah sebagai
masukan dalam memberikan alternatif untuk memilih strategi yang sesuai, dan untuk
perbaikan proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat; (3) Bagi
peneliti, sebagai masukan dan wawasan dalam menambah serta mengembangkan
pengalaman dalam bidang pendidikan, khususnya bidang studi Sejarah, dan dapat
dijadikan dasar pijakan oleh sejumlah profesi pengajar nantinya; (4) Bagi lembaga
pendidikan dan sekolah terkait, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
demi peningkatan mutu pendidikan, khususnya perbaikan pembelajaran dalam bidang
studi Sejarah; (5) Bagi peneliti lain, sebagai referensi dalam kegiatan penelitian
dengan kasus sejenis.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan
langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji permasalahan yaitu kualitatif. Sedangkan
teknik pengumpulan sumber yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Kesimpulan yang dapat diambil secara garis besar dalam penelitian ini adalah
bahwasannya dengan menggunakan strategi inquiri dalam pembelajaran sejarah pada
materi tentang “proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer
jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia” dapat meningkan keaktifan
siswa yangmana pada akhirnya berdampak baik pada hasil belajar siswa baik pada
siklus I maupun pada siklus II. Penulis menyarankan agar disediakan kelas khusus
untuk strategi inquiri dan pembelajaran menggunakan strategi inquiri harus
dipersiapkan secara matang.