Show simple item record

dc.contributor.authorFindy Wulansari
dc.date.accessioned2013-12-05T12:48:43Z
dc.date.available2013-12-05T12:48:43Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM050210302002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5204
dc.description.abstractHasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji tergolong masih rendah dikarenakan mata pelajaran Sejarah dianggap kurang begitu penting dalam kehidupan sehari- hari dibandingkan denga mata pelajaran IPA. Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar mata pelajaran Sejarah cenderung konvensional dan kurang variatif. Hal tersebut semakin membuat mata pelajaran Sejarah kurang diminati oleh siswa. Keterbatasan waktu mengajar yang dimiliki oleh guru menyebabkan guru kesulitan merancang model pembelajaran ya ng aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan akan tetapi lebih terfokus pada ketuntasan materi sehingga pembelajaran kurang variatif dan kurang bermakna bagi siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu memperbaiki hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Genius Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kali ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning, apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji semester genap 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji Negeri Rambipuji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Hopkins yang berbentuk spiral, melalui tiga tahapan siklus yang masing- masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 33 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji semester genap tahun ajaran 2010/2011. Hal ini terbukti pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 61,45 sebelum diadakannya tindakan menjadi 64,39, pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,82, dan pada siklus 3 meningkat kembali menjadi 77,27. Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengembangan model pembelajaran. (2) Bagi guru sejarah, model pembelajaran Genius Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran sejarah di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi lembaga pendidikan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan yang berguna bagi peningkatan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210302002;
dc.subjectN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING ,SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GENAP .en_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record