• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DENGAN TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI KELAS III SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Fahriza Yuniarisqa - 080210204008_1.pdf (240.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Fahriza Yuniarisqa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran integrasi dari mata pelajaran sejarah, geografi, dan ekonomi serta mata pelajaran IPS lainnya. Sebagaimana diketahui dalam prakteknya di sekolah-sekolah pelajaran IPS bukanlah mata pelajaran yang menyenangkan. Sering didapati bahwa mata pelajaran IPS kurang menarik bahkan cenderung membosankan. Hal itu dapat terlihat dari hasil belajar siswa kelas III SDN Jember Lor 02 yang tergolong rendah yaitu 48,5% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 09 Januari 2012 yakni mengenai aktivitas belajar siswa yang rendah, maka terdapat rumusan permasalahan dalam penelitian ini, yaitu “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran talking stick dengan media gambar mata pelajaran IPS dengan tema kegiatan jual beli di kelas III SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jember Lor 02 melalui penerapan model pembelajaran talking stick dengan media gambar pada mata pelajaran IPS dengan tema kegiatan jual beli. Usaha untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran yang membuat siswa mudah memahami konsep IPS terutama pada materi tempat terjadinya jual beli yang dikemas dalam tema kegiatan jual beli dan membuat siswa menjadi aktif, salah satunya melalui model pembelajaran talking stick. Model pembelajaran talking stick ini mirip dengan permainan di olahraga yaitu seperti estafet. Model pembelajaran ini sangat menyenangkan karena dapat memotivasi siswa dalam belajar. Siswa harus siap dan berusaha untuk bisa menjawab pertanyaan dari guru jika siswa tersebut telah memegang tongkatnya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jember Lor 02 sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran talking stick berjalan dengan lancar dan mampu mencapai tujuan yang sudah dirumuskan sebelum penelitian. Aktivitas belajar siswa terbukti meningkat. Setelah dipresentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69,5% meningkat menjadi 74,3% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71,4% mengalami peningkatan sebesar 17,2% pada siklus II menjadi 88,6%. Jadi pembelajaran melalui model pembelajaran talking stick melalui media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS dengan tema kegiatan jual beli di SDN Jember Lor 02. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajara talking stick pada mata pelajaran yang lain selain IPS, dengan memperhatikan karakteristik materi. Selain itu, guru perlu menyiapkan perangkat pembelajaran dengan cermat terutama dalam pembuatan LKS sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5193
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository