Show simple item record

dc.contributor.authorErna Rahayu
dc.date.accessioned2013-12-05T12:03:34Z
dc.date.available2013-12-05T12:03:34Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5184
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu aspek dari empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Selain berbicara, membaca, dan mendengarkan. Kemampuan menulis bukan merupakan kemampuan yang secara otomatis dibawa sejak lahir melainkan kemampuan yang diperoleh dari proses pembelajaran. Keterampilan menulis mengaitkan antara kemampuan tangan dalam menulis dan pikiran. Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran menulis karangan/cerita rekaan dalam objek penelitian antara lain: (1) siswa kurang memperhatiakan pelajaran menulis karangan/cerita rekaan, karena guru dalam mengajar bersifat konvensional yaitu selalu menggunakan metode ceramah, (2) rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, (3) siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan mereka secara tertulis dalam bentuk karangan/cerita, (4) siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan isi cerita secara runtut, (5) siswa belum mampu membuat kalimat sesuai dengan pola kalimat yang benar, dan (6) siswa belum mampu menggunakan ejaan yang benar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan permasalahanya sebagai berikut: a) bagaimanakah penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012?, dan b) bagaimanakah hasil belajar keterampilan menulis karangan/cerita rekaan siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 setelah diterapkan model picture and picture? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: a) untuk mengetahui peningkatan penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, dan b) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis karangan/cerita rekaan siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember Tahun Pelajaran 2011-2012 model picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan SDN Tegal Gede 03 Jember kelas IV yang terdiri dari siswa 31 siswa, 14 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan 7 Maret sampai 4 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, beberapa hal yang menjadi kekurangan atau kelemahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Setelah perbaikan pembelajaran yang menerapkan model picture and picture pada siklus II, diketahui bahwa keterampilan menulis cerita rekaan siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 Jember mengalami peningkatan. Dari pra siklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan pada tahap pra siklus ke siklus I mengalami kenaikan sebanyak 42 %. Pada pra siklus ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 65 %. Sedangkan pada siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 23 %. Jadi, sebanyak 28 siswa atau 90% dari total 31 siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03 sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran menulis cerita rekaan menunjukkan adanya peningkatan, (2) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas. Saran yang dapat diberikan adalah dengan melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam penerapan model picture and picture, maka diharapkan guru dapat menggunakan model picture and picture sebagai alternatif dalam pembelajaran sabagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274009;
dc.subjectHasil Belajar, Model Picture and Picture, Menulis Cerita Rekaanen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS CERITA REKAAN MELALUI PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN TEGAL GEDE 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record