PENGARUH PERSEPSI IKLAN KARTU AS DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember)
Abstract
Dengan adanya iklan, suatu produk barang atau jasa dapat diketahui
konsumen. Hal ini merupakan proses awal dalam program periklanan yaitu terjadinya
persepsi yang menyentuh indra manusia. Sikap positif terhadap suatu produk akan
mendorong kepada pembelian. Agar suatu pesan iklan menjadi efektif, proses
pengiriman harus berhubungan dengan proses penerimaan kepada penerima. Untuk
itu komunikasi harus merancang pesan agar masuk sasarannya. Telkomsel merupakan
salah satu perusahaan telekomunikasi yang sudah dikenal masyarakat di Nusantara
karena Telkomsel termasuk perusahaan yang paling senior di dunia
pertelekomunikasian. Perusahaan ini menjadi produk jasa telekomunikasi seluler
GSM pertama yang ada di Indonesia. Lamanya perusahaan ini bisa menjadi salah satu
alasan telkomsel memiliki pelanggan terbanyak, seperti yang diungkapkan dalam
media cetak saat ini Telkomsel memiliki 125 juta pelanggan yang tersebar di seluruh
Indonesia (www.Solopos.com). Program promosi yang di tawarkan kartu AS adalah
Wow Rp.500. promosi ini disesuaikan dengan jumlah pulsa yang dimiliki pelanggan
sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggannya. Tarif untuk telepon pada
promo WOW Rp.500 adalah Jika pulsa > Rp.500, maka dikenakan tarif Rp. 500
per/30 detik untuk 30 detik pertama, kemudian Rp. 15/detik untuk detik berikutnya
untuk tarif SMS ke sesama Telkomsel Rp. 99/SMS. Selain itu dengan program
promosi ini pengguna telkomsel akan memperoleh gratis telepon, internet dan sms
setelah pemakaian pulsa Rp.500. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan
vii
Ilmu Pendidikan Universitas Jember dengan kriteria sebagai berikut mahasiswa
memakai kartu As, dan mahasiswa pernah melihat iklan kartu AS melalui media iklan
televisi. Pengambilan populasi ini dilakukan dengan alasan mahasiswa pendidikan
ekonomi angkatan 2008-2010 memiliki pengetahuan yang cukup tentang periklanan
sehingga peneliti mendapatkan data yang valid. Sampel penelitian ini diambil
menggunakan metode proporsional sampling yaitu pengambilan sampel dari seluruh
populai yang diambil secara proposional yang pengambilannya secara random (acak)
dengan menggunakan rumus Slovin sehingga terkumpul 72 responden. Pengumpulan
data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode
yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y = 6,545
+ 0,182X + e
, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara iklan
terhadap keputusan konsumen membeli kartu As. Dari hasil pengujian secara parsial
variabel pemasaran tradisional nilai f
i
(196,080 > 2,45) maka H
0
viii
hitung
ditolak dan H
dari variabel iklan (X) lebih besar dari f
diterima, ini menunjukkan bahwa variabel
iklan (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku keputusan
pembelian konsumen. Koefisien determinan R2 sebesar 83,8%, sedangkan sisanya
16,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.