PENGARUH PRODUK, HARGA DAN TEMPAT TERHADAP LOYALITAS IBU RUMAH TANGGA BERBELANJA DI PASAR SUBUH TULUNGREJO KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2012
Abstract
Dalam berbelanja ibu rumah tangga selalu memperhatikan keragaman barang
dan harga barang yang akan dibeli, serta tempat untuk mendapatkan barang-barang
tersebut pada saat dibutuhkan. Barang yang berkualitas bagus, harga yang terjangkau
serta tempat yang mudah untuk dijangkau untuk mendapatkan barang tersebut dapat
menjadi daya tarik berbelanja dikemudian hari.
Sesuai dengan permasalahan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan tempat terhadap loyalitas ibu
rumah tangga berbelanja di Pasar Subuh Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten
Banyuwangi. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan variabel
produk, harga dan tempat terhadap loyalitas ibu rumah tangga berbelanja di Pasar
Subuh Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk menentukan responden
penelitian menggunakan metode accidental sampling yaitu sebanyak 40 responden.
Metode pengumpulan data terdiri dari: kuesioner, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, persamaan regresi linier
berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga dan tempat berpengaruh
terhadap loyalitas ibu rumah tangga berbelanja di Pasar Subuh Tulungrejo Kecamatan
Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan
menggunakan uji F yang menghasilkan F
hitung
sebesar 13,636 > nilai F
tabel
sebesar
2.839 dengan t ingkat signifikansi F = 0,000 < α =0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
secara simultan produk, harga dan tempat mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap terhadap loyalitas ibu rumah tangga berbelanja di Pasar Subuh Tulungrejo
Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Hasil perhitungan analisis regresi
linier dengan program SPSS yang telah diuraikan diatas menunjukkan bahwa
besarnya prosentase pengaruh produk, harga dan tempat terhadap loyalitas ibu rumah
tangga berbelanja di Pasar Subuh Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten
Banyuwangi sebesar 53,2%,sedangkan sisanya yaitu 46,8% loyalitas ibu rumah
tangga berbelanja dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti meliputi desain fisik
pasar, pelayanan yang ditawarkan penjual pada pelanggan, kemampuan tenaga
penjual untuk melayani ibu rumah tangga.