dc.description.abstract | Minat belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri Ambulu
masih cukup rendah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode
pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah metode
pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar
siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi dari rendah menjadi tinggi.
Metode Tutor Sebaya merupakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh
siswa untuk membimbing siswa yang lain. Tutor adalah siswa yang ditunjuk atau
ditugaskan untuk membantu teman yang mengalami kesulitan belajar kerena
hubungan antara guru dan siswa. Metode tutor sebaya diterapkan oleh guru supaya
dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggairahkan dan
mendorong siswa untuk memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian
metode tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu variasi pembelajaran yang
menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode
purposive, yaitu pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Ambulu. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat
meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Akuntansi Sub Kompetensi Dasar
Jurnal Penyesuaian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu. pada siklus I, minat
belajar siswa kelas XI IPS 3 sebesar 2,93 termasuk pada kategori Rendah.. Pada
siklus II, minat belajar siswa meningkat menjadi 3,29 dan mencapai kategori Tinggi, | en_US |