Show simple item record

dc.contributor.authorGheanurma Ekahasta Novarina
dc.date.accessioned2013-12-05T10:57:26Z
dc.date.available2013-12-05T10:57:26Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5171
dc.description.abstractMembaca merupakan salah satu dari empat keterampilan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca adalah aktivitas pembelajaran yang memerlukan interaksi aktif terhadap bacaan sehingga memperoleh makna dan pemahaman dari apa yang dibaca baik dalam membaca bersuara atau membaca dalam hati dengan benar. Kenyataannya pada kelas III SDN 3 Gemaharjo Trenggalek pemerolehan pemahaman membaca siswa masih rendah karena siswa membaca bersuara sehingga konsentrasi antar siswa terganggu. Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan strategi pembelajaran yang mendukung pembelajaran membaca pemahaman, yaitu dengan strategi Sustained Silent Reading Rumusan masalah yang digunakan adalah 1) Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 3 Gemaharjo Trenggalek dengan subjek penelitian sejumlah 25 siswa, yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran terdiri atas 2 pertemuan yaitu pertemuan pertama digunakan untuk tes tulis sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk tes lisan. Sebelum dilaksanakan posttest pada siklus I dan II, guru memberikan macam-macam cerita dengan membiasakan siswa memilih sendiri cerita yang ingin dibacanya selama seminggu. Hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3 Gemaharjo mengalam peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa 72% Saran untuk guru, hendaknya membiasakan siswa membaca di dalam hati sehingga siswa lebih berkonsentrasi dan memperoleh pemahaman dari wacana lebih baik. Selain itu, guru juga harus melatih siswa untuk menceritakan kembali sesuai pemerolehan pemahamannya selain menjawab pertanyaan. Saran untuk peneliti lain, apabila akan melakukan penelitian melalui strategi SSR harus menyiapkan bahan penelitian lebih lengkap dan kreatifitas untuk mendukung dan mengembangkan strategi ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204057;
dc.subjectKETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI SUSTAINED SILENT READINGen_US
dc.titleENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI SUSTAINED SILENT READING PADA KELAS III SDN 3 GEMAHARJO TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record