PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS PADA POKOK BAHASAN JENIS DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM PEMANFAATANNYA DI SDN TEMPURSARI 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Siswa Kelas IV Bidang Studi IPS pada Pokok Bahasan Jenis dan
Persebaran Sumber Daya Alam Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan padapembelajaran IPS di kelas IV SDN Tempursari 01, permasalahan yang terjadiantara lain : Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Tempursari01 Kedungjajang, dimulai pada tanggal 17 September 2012 sampai tanggal 8Oktober 2012, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 34anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas
Analisis data terhadap aktifitas siswa dalam pembelajaran PAIKEM pada
pra siklus mencapai 48,82%, siklus I mencapai 60,44% sedangkan pada siklus II
mencapai 71,76%.. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes awal mencapai
38,24%,; pada tes akhir siklus I mencapai 73,53%; dan pada tes akhir siklus II
mencapai 91,18%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus II, maka
dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SDN Tempursari 01 Kedungjajang telah
mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya
apabila terdapat minimal 60% siswa yang telah mencapai ≥ 65.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: