Show simple item record

dc.contributor.authorFera Prastyca Melliana Bella
dc.date.accessioned2013-12-05T10:30:39Z
dc.date.available2013-12-05T10:30:39Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204121
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5163
dc.description.abstractDalam Kurikulum 1994 maupun oleh Kurikulum 2004, bahwa tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD tidak lagi untuk menciptakan bagaimana peserta didik memahami tentang bahasa, tetapi lebih ditekankan pada kemampuan menggunakan bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan. Kenyataannya, di SDN Kebonsari Kulon 2 Probolinggo mata pelajaran Bahasa Indonesia belum diberikan yang sesuai dengan keinginan kurikulum. Siswa masih menggunakan bahasa ibu sebagai pengantar pelajaran maupun berkomunikasi dengan guru. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengacu pada suatu pendekatan. Beberapa pendekatan yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah Pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang berlandaskan pada pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa. Untuk itu, dalam penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaiamana penerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pokok bahasan memerankan tokoh drama dan bagaimana peningkatan hasil belajara berbicara siswa setelah menggunakan pendekatan komunikatif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif untuk menignkatkan kemampuan berbicara siswa pada pokok bahasan memerankan tokoh drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan memerankan tokoh drama menggunakan pendekatan komunikatif kelas V semester II SDN Kebonsari Kulon 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Kebonsari Kulon 2 Probolinggo mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 12 April 2013. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemmis dan Mc. Taggart tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya pendekatan komunikatif. Terlihat dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,25%. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah guru sekolah dasar hendaknya dapat menjadikan pembelajaran berbicara menggunakan pendekatan komunikatif sebagai salah satu alternatif untuk meningkakan dan memperbaiki proses pembelajaran yang selama ini digunakan, penekanan berbicara harus lebih menekankan pada kegiatan berkomunikasi atau berbicara yang baik dan sopan dengan siapa saja yang bertujuan agar siswa lebih bisa berbicara dengan baik dan sopan, dan hendaknya guru tidak hanya dapat memanfaatkan media pembelajaran tetapi guru juga diharapkan dapat memproduksi sendiri media pembelajaran yang menarik sebagai penunjang dalam proses pembelajaran di kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204121;
dc.subjectPENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA,MEMERANKAN TOKOH DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA POKOK BAHASAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI KULON 02 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record