• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKN TEMA LINGKUNGAN DI SDN TUKUM 01 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Dzurrotul A’yunil Asmawiyah - 090210204002_1.pdf (324.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dzurrotul A’yunil Asmawiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan tentu tidak lepas dari proses belajar mengajar, untuk itu diperlukan upaya dari guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar siswa juga berkualitas. Hasil observasi awal yang dilakukan memperlihatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Tukum 01 lumajang masih kurang, karena siswa yang cenderung lebih pasif dan guru yang lebih mendominasi proses belajar mengajar. Siswa cenderung ramai saat proses belajar mengajar sehingga guru sulit mengelola kelas. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan perhatian siswa agar lebih fokus, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode–metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan menarik siswa untuk belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu dengan menerapkan metode role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran PKn tema lingkungan di SDN Tukum 01 Lumajang? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran PKn tema lingkungan di SDN Tukum 01 Lumajang? Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran PKn tema lingkungan di SDN Tukum 01 Lumajang. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan metode role playing pada mata pelajaran PKn tema lingkungan di SDN Tukum 01 Lumajang. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Tukum 01 Lumajang mulai tanggal 21 November sampai 7 Desember 2012. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas III di SDN Tukum 01 dengan menggunakan metode pembelajaran role playing mengalami peningkatan baik secara klasikal maupun perorangan. Siswa pada siklus I saat bermain peran masih cenderung malu-malu dan bingung. Perubahan yang terjadi di siklus II siswa sudah tidak malu-malu dan suaranya pun lebih lantang saat bermain peran. Terlihat dari hasil analisis siklus I pertemuan 1 persentase aktivitas siswa sebesar 64,86% dengan kategori cukup aktif, dan meningkat di siklus II pertemuan 1 mencapai 79,34% dengan kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 57,89% dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 42,11%. Hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 79% dan siswa yang tidak tuntas sebesar 21%. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 58% menjadi 79% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn tema lingkungan di SDN Tukum 01 Lumajang. Bila metode role playing diterapkan dalam pembelajaran PKn, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan serta mampu membimbing siswa dalam bermain peran dan saat kelompok pengamat berdiskusi, sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5153
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository