• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN 3 TLOGOSARI SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dina Hermiyanti - 090210204004_1.pdf (59.13Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dina Hermiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menyimak merupakan salah satu faktor penting yang digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu media audio visual dan kemampuan menyimak. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN 3 Tlogosari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa proses peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan media audio visual terdiri dari dua siklus. Siklus II dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang ada pada siklus I. Salah satu masalah yang ada yaitu beberapa siswa kesulitan dalam menentukan tema dan amanat suatu cerita. Solusi yang diberikan pada siklus II yaitu dengan menjelaskan secara lebih rinci bagaiamana cara menentukan tema dan amanat suatu cerita dengan benar. Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam kegiatan menyimak setelah menggunakan media audio visual mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 32,26%. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 74,19%. Hasil belajar tersebut terus meningkat pada siklus II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 87,1%. Saran bagi guru, hendaknya menggunakan variasi media pembelajaran seperti media audio visual dalam kegiatan pembelajaran menyimak cerita agar siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk dapat menyimak dengan baik sehingga kemampuan menyimak siswa meningkat. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan model pembelajaran atau media pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5151
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository