PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN 3 TLOGOSARI SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Menyimak merupakan salah satu faktor penting yang digunakan dalam
Kegiatan Belajar Mengajar
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)
Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah:
1)
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Variabel
dalam penelitian ini yaitu media audio visual dan kemampuan menyimak. Data
diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN 3 Tlogosari. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa proses
peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan media audio visual terdiri
dari dua siklus. Siklus II dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang ada pada siklus
I. Salah satu masalah yang ada yaitu beberapa siswa kesulitan dalam menentukan
tema dan amanat suatu cerita. Solusi yang diberikan pada siklus II yaitu dengan
menjelaskan secara lebih rinci bagaiamana cara menentukan tema dan amanat suatu
cerita dengan benar. Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam kegiatan menyimak
setelah menggunakan media audio visual mengalami peningkatan. Pada tahap
prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 32,26%. Pada siklus I siswa yang
mencapai KKM sebanyak 74,19%. Hasil belajar tersebut terus meningkat pada siklus
II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 87,1%.
Saran bagi guru, hendaknya menggunakan variasi media pembelajaran seperti
media audio visual dalam kegiatan pembelajaran menyimak cerita agar siswa lebih
tertarik dan termotivasi untuk dapat menyimak dengan baik sehingga kemampuan
menyimak siswa meningkat. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan
mengembangkan model pembelajaran atau media pembelajaran yang berbeda dan
lebih menarik.