• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL DISCOVERY DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Rizqiyanti - 090210204075_1.pdf (87.90Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dewi Rizqiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satunya yaitu model pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar di kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang disediakan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang menerapkan model discovery dengan metode eksperimen, siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan dengan melakukan suatu percobaan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancakarya 01 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 42 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Pelaksanaan penerapan model discovery dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung Jember berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori aktif dengan persentase 71,82%. Pada siklus II, aktivitas siswa meningkat menjadi 82,68% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10.86%. Sama halnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,11 meningkat sebesar 73,92 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,79. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV pokok bahasan energi panas dan energi bunyi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan model discovery dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebagai inovasi pembelajaran baru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5137
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository