PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI KELAS IV DI SDN WIROLEGI 01 JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Wirolegi 01 Jember pada
tanggal 14 November 2012, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga
berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang
mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang bervariasi, penggunaan
metode ceramah dan penugasan, tidak ada alat peraga atau media untuk pembelajaran
PKn, serta pembelajaran PKn yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada
di dalam buku paket. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan strategi
inquiring minds want ti know dengan media gambar. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV di SDN Wirolegi 01
Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi kelas IV di SDN Wirolegi 01
Jember.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 30 siswa yang
terdiri atas 13 laki-laki dan 17 perempuan di SDN Wirolegi 01 Jember. Sumber data
yaitu guru kelas IVA dan siswa kelas IVA SDN Wirolegi 01 Jember, referensi, dan
dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian
terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan
bahwa aktivitas belajar siswa individu yaitu 36,67% dan pada siklus 2 menjadi
86,67% sehingga mengalami peningkatan 50%. Aktivitas belajar siswa secara
klasikal pada siklus 1 yaitu 64,16% dan pada siklus 2 menjadi 85,83% sehingga
megalami peningkatan 21,67%. Hasil belajar siswa individu pada siklus 1 yaitu 40%
dan pada siklus 2 menjadi 76,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 36,67%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran PKn pokok bahasanglobalisasi dalam penerapan strategi inquiring minds want to know dengan media
gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirolegi
01 Jember. Saran bagi guru yaitu dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif
dengan menggunakan strategi inquiring minds want to know dengan media gambar.
Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih
lanjut.