• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF CERITA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS V SDN JAMBEARUM 02 PUGER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    ERLYTHA DWI QURNIA - 080210204030 (2)_1.pdf (58.22Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Erlytha Dwi Qurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menyimak intensif adalah menyimak dengan penuh perhatian dan memahami bahan yang disimak secara mendalam. Kemampuan menyimak intensif ini merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa karena dalam proses pembelajaran, kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk memahami materi atau apapun yang disampaikan guru. Kemampuan menyimak intensif siswa kelas V SDN Jambearum 02 Puger masih rendah, mereka masih belum memahami isi cerita yang disimak, khususnya tentang unsur intrinsiknya. Terbukti hasil belajar tentang memahami unsur intrinsik cerita yang disimak siswa masih rendah. Penyebab rendahnya kemampuan menyimak intensif ini antara lain: 1) dalam pembelajaran menyimak cerita, guru hanya membacakan cerita tanpa adanya ilustrasi, 2) minat menyimak siswa masih kurang, 3) siswa kurang dapat fokus dalam menyimak. Untuk mengatasi masalah di atas, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode bermain peran. Metode bermain peran akan dapat menarik perhatian siswa dan mampu memberikan gambaran atau ilustrasi dari cerita yang disimak. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimanakan proses penerapan metode bermain peran yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif cerita anak siswa kelas V SDN Jambearum 02 Puger tahun pelajaran 2011/2012?, 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menyimak intensif cerita anak siswa kelas V SDN Jambearum 02 Puger tahun pelajaran 2011/2012 setelah menerapkan metode bermain peran?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menggambarkan proses penerapan metode bermain peran yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif cerita anak siswa kelas V SDN Jambearum 02 Puger, 2) meningkatkan kemampuan menyimak intensif cerita anak siswa kelas V SDN Jambearum 02 Puger melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambearum 02 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 15 orang, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Pengambilan data dimulai pada tanggal 2 Desember 2011 sampai dengan 20 April 2012. Data yang diperoleh berupa hasil belajar menyimak siswa, kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta tanggapan guru dan siswa atas pembelajaran yang dilaksanakan. Data yang dianalisis adalah hasil belajar menyimak siswa. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil belajar menyimak siswa, kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan menyimak intensif siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode bermain peran. Pada saat sebelum diterapkan metode bermain peran, persentase ketuntasan klasikal siswa hanya sebesar 40%, setelah dilakukan tindakan penerapan metode bermain peran pada siklus I kemampuan menyimak intensif siswa meningkat menjadi 71,43% dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 8,57% sehingga menjadi 80%. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran menyimak cerita, sehingga dapat menarik perhatian siswa agar tetap fokus dalam menyimak. Dengan fokus menyimak, kemampuan menyimak intensif siswa akan terasah, sehingga siswa mampu memahami secara mendalam isi cerita yang disimak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5095
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository