PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT ROTI CILIWUNG DI JEMBER
Abstract
Perkembangan dunia teknologi dan industri saat ini membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia, terutama dalam pengembangan jenis usaha kecil menengah. Pengembangan jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak dikembangkan pada saat ini. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor usaha yang telah mampu membuktikan kelangsungan usahanya dan dapat bertahan dari terpaan krisis ekonomi, sehingga mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia. Keberadaan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat yang berperan penting dalam menumbuhkan ekonomi suatu daerah. Perkembangan jenis UKM yang ada di Kabupaten Jember juga mulai tumbuh secara perlahan, seiring berkembangnya teknologi yang semakin mempermudah setiap masyarakat dalam mengembangkan jenis usaha yang ingin dikembangkan. Salah satu jenis UKM yang berkembang yaitu Donat - Roti Ciliwung yang berada di Jl. Ciliwung yang bergerak di bidang pengolahan tepung menjadi roti. Donat - Roti Ciliwung mulai berdiri sejak tahun 1998 yang dimulai dengan jenis roti oven dan kini sudah mulai mengembangkan berbagai jenis roti yang lain. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis apakah personal selling, sales promotion, public relation, word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh terhadap keputusan pembelian donat roti Ciliwung di Jember. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kecamatan Patrang, Sumbersari, Kaliwates. Sampel penelitian sebanyak 112 responden konsumen roti Ciliwung dan masyarakat yang berasal dari kecamatan Patrang, Sumbersari, Kaliwates. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa personal selling, public relation, word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian donat roti ciliwung. Oleh karena itu, pihak donat roti ciliwung perlu memperhatikan dan mengembangkan personal selling, public relation, word of mouth untuk mempertahankan dan membangun keputusan pembelian yang dapat meberikan dampak positif bagi perusahaan.