Show simple item record

dc.contributor.authorChandy Febyanto
dc.date.accessioned2013-12-05T08:18:57Z
dc.date.available2013-12-05T08:18:57Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210204047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5083
dc.description.abstractIPS sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun sampai saat ini aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS masih rendah. SDN Glundengan 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil obsevasi danwawancara dengan guru kelas V SDN Glundengan 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model bermain peran dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V semester genap di SDN Glundengan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ? 2). bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model bermain peran dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V semester genap di SDN Glundengan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember ?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1). untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V semester genap dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan melalui model bermain peran di SDN Glundengan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2). untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester genap dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan melalui model bermain peran di SDN Glundengan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Model bermain peran merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memainkan peran atau tokoh yang didalamnya menampakkan adanya perilaku dari siswa yang terlihat dan menirukan situasi atau suatu kejadian di masa lalu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Glundengan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2013 sampai dengan 16 Maret 2013 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. aHasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas siswa ( p) = 59,3 %, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 64 % yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II, ptk ) = 73 %, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 88 %, yang tergolong telah mencapai persentase aktivitas siswa sebesar ( kentuntasan belajar secara klasikal. a Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model bermain peran pada pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Glundnegan 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan menggunakan model bermain peran sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204047;
dc.subjectMODEL BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN,PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAANen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN GLUNDENGAN 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record