ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN OBYEK WISATA PANCORAN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian eksploratori yang merupakan
desain riset yang lebih menekankan pada pengumpulan ide-ide dan masukanmasukan,
hal ini khusus berguna untuk memecahkan masalah yang luas dan samar
menjadi sub masalah yang lebih sempit dan lebih tepat. Penelitian ini bertujuan
untuk menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab kepuasan konsumen
obyek wisata Pancoran Banyuwangi dengan mengamati langsung dilapangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung obyek wisata Pancoran
di Banyuwangi pada periode tahun 2013. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak
14 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen obyek
wisata Pancoran Banyuwangi diantaranya adalah 1.) faktor harga, variabel
pembentuknya terdiri dari harga tiket yang sesuai, tempat parkir luas memadai
dan aman, lokasi nyaman dan sejuk, kolam renang bervariasi untuk anak dan
dewasa, mini zoo, kebersihan obyek wisata, dan keramahan karyawan; 2.) faktor
tempat penitipan, variabel pembentuknya terdiri dari tempat penitipan barang
yang memadai dan ruang ganti dan kamar mandi memadai dan bersih; 3.) faktor
tempat ibadah, variabel pembentuknya terdiri dari tempat ibadah, warung-warung
yang menyediakan aneka jajanan yang murah, dan sarana berkemah; 4.) faktor
waterboom dan fasilitas, variabel pembentuknya terdiri dari waterboom dan
fasilitas permainan air, dan taman bermain anak dan keluarga.