• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KEDUDUKAN DAN PERGERAKAN PLANET DALAM TATA SURYA DI KELAS VI SDN PRINGGONDANI 01 KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    ENDANG RUSMAWATI - 100210274001_1.pdf (119.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ENDANG RUSMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Situasi awal pembelajaran pra siklus, siswa mengalami kesulitan memahami materi yang diajarkan dan perhatian siswa kurang terfokus pada pembelajaran serta jarang bertanya. Hasil pengkajian dokumen menunjukkan bahwa dari 38 siswa terdapat 23 siswa atau 60,52% yang memperoleh nilai tes ≤65 dan 15 siswa atau 39,47% siswa yang memperoleh nilai tes ≥65. Standar ketuntasan belajar individu adalah ≥65 dan standar ketuntasan klasikal dikatakan tuntas apabila ≥65% siswa memperoleh nilai ≥65. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah peningkatan akivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Tempat pelaksanaan penelitian berlokasi di SDN Pringgondani 01, Dusun Taman Burnih Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe, Jember. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Maret 2012 sampai dengan tanggal 13 Maret 2012, subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas VI dan dokumen nilai. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes serta prosedur penelitian mencakup perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar meningkat. Situasi dan keadaan sebelum penelitian dilakukan, siswa cenderung pasif dan jarang bertanya. Analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus 1 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 57,89%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai 42,11%, maka aktivitas belajar siswa dapat dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 100%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 52,63%. Pada siklus 2 mencapai 76,32%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 23,69%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikataakan tuntas/berhasil dengan persentase 76,32%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadipeningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan kedudukan dan pergerakan planet dalam tata surya dengan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan media VCD pada siswa kelas VI SDN Pringgondani 01 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Adapun saran penulis bagi pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini adalah hendaknyan melakukan inovasi pembelajaran yang variatif agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5076
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository