PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN SISWA YANG DIBERI TUGAS INDIVIDU (Pada pokok bahasan Pasar kelas VIII di SMP 2 Pecoro Rambipuji Jember)
Abstract
Proses pembelajaran mengajar akan efektif apabila siswa lebih aktif
dalam
bekerja sama dan mengungkapkan jawabannya karena siswa akan mengalami,
menghayati dan memahami pelajaran dan pengalaman yang diperoleh. Untuk
menumbuhkan partisipasi dalam proses bel
ajar mengajar guru mempunyai metode
pemberian tugas. Cara penyampaian materi yang baik akan menarik minat siswa untuk
belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode yang bisa
digunakan oleh guru dalam mengajar adalah metode pemberian tugas. Pemberian tugas
tersebut dapat diberikan dalam dua cara yaitu secara individu maupun secara kelompok.
Pemberian tugas secara individu dimaksudkan agar siswa mengerjakan sendiri tugasnya
menurut kemampuannya tanpa dibantu orang lain, sedangkan
pemberian tugas secara
kelompok dimaksudkan agar siswa dapat bekerjasama, berdiskusi menyelesaikan tugas
secara bersama.
Dalam pembelajaran ini pemberian tugas perlu sekali untuk penguatan dan
pemantapan atau sebagai aplikasi dari pengertian yang baru sa
ja diajarkan. Pemberian
tugas sambil memahami konsep yang diajarkan dan menggunakannya dalam
memecahkan masalah. Dalam pemberian tugas secara kelompok terjadi suatu proses
kerja
sama
, sehingga kerja sama tersebut memudahkan dalam memecahkan suatu masalah,
karena di dalam satu kelas kemampuan siswa tidak sama sehingga siswa yang pandai
dapat membantu temannya yang kurang pandai. Jenis kegiatan ini adalah penelitian
vii
ekspos fakto untuk membedakan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi tugas
kelompok de
ngan yang diberi tugas individu. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian
Causal Comparative
research design yaitu menggunakan dua atau labih kelompok
dengan tugas yang berbeda Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode purposive
yaitu menentukan
dengan sengaja tempat pelaksanaan penelitian didasarkan pada
pertimbangan
-pertimbangan tertentu, yaitu keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga
tidak dapat mengambil sample yang besar dan jauh serta SLTP ini belum pernah
dilaksanakan penelitian serupa
dan dekat dengan tempat tinggal peneliti dan peneliti
merupakan alumni SLTP tersebut. Untuk mengumpulkan data ada beberapa metode yang
bisa digunakan.Metode
-metode tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan
hendaknya digunakan secara tepat sesuai deng
an penelitian dan jenis data yang ingin
diperoleh serta keadaan subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah :. Dokumentasi dan Wawancara
. Dimana pengumpulan data
dalam penelitian ini diperoleh dari uji validitas d
an uji realibilitas, uji ANAVA, uji Chi
Square
Dari output SPSS tersebut diketahui nilai signifikansi untuk Levene statistik
sebesar 0,705 atau lebih besar dari 0,05 sehingga dikatakan data bersif
at homogen.
Untuk nilai signifikansi pada uji
-F atau anova diperoleh sebesar 0,126 lebih besar dari
0,05 sehingga disimpulkan bahwa varian data homogeny. Kelas 2A memiliki nilai X
sebesar 15,00 dengan derajat bebas 16. Apabila dilihat dari tabel X
untuk tingkat
signifikansi 5% dan derajat bebas 16 maka diperoleh nilai X
viii
2
tabel = 26,296; sehingga
dapat diambil kesimpulan X
2
hitung < X
2
tabel atau data berdistribusi normal. Kelas 2B
memiliki nilai X
2
2
sebesar 17,83 dengan derajat bebas 18. Apabila dilihat dari tabel X
untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 18 maka diperoleh nilai X
tabel =
22,362; sehingga dapat diambil kesimpulan X
2
hitung < X
2
tabel atau data berdistribusi
normal. Kelas 2C memiliki nilai X
2
sebesar 15,18 dengan derajat bebas 21. Apabila
dilihat dari tabel X
untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 15 maka diperoleh