• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN KRANJINGAN 05 TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Endah Puspitasari - 070210204274 (2)_1.pdf (700.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Endah Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki objek kajian yang abstrak. Siswa SD yang tahap perkembangan intelektualnya masih dalam tahap operasional konkrit membutuhkan pembelajaran matematika yang “mengkonkritkan” objek pembelajaran agar siswa lebih memahami konsep. Pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya masih didominasi dengan aktivitas guru menjelaskan rumusrumus dan kemudian siswa mengerjakan latihan soal. Agar pembelajaran lebih bermakna, maka dalam pembelajaran matematika perlu mengaitkan pengalaman siswa sehari-hari dengan konsep matematika melalui pembelajaran yang realistik dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengonstruksi idenya sehingga dapat menemukan konsep sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang untuk siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah aktivitas siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012 pada pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang? (3) bagaimanakah ketuntasan belajar siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012 pada pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang? Tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang laying adalah (1) Mengetahui penerapan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang untuk siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012, (2) Mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012 pada pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layanglayang, (3) Mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas 5 SDN Kranjingan 05 Tahun ajaran 2011/2012 pada pembelajaran matematika realistik pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kranjingan 05 dengan subjek penelitian siswa kelas 5 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 karena materi pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang diajarkan pada semester ganjil . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Siklus 2 dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta memperbaiki hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa dan guru serta hasil tes siswa pada penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 72,07% dan siklus 2 mencapai 82,03%, hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. 2) aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 78,57% dan siklus 2 sebesar 89,28%, hal ini juga menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 3) analisis hasil tes siswa pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 62,50%, dimana 12 siswa tidak tuntas dan pada siklus 2 sebesar 75% dengan 8 siswa tidak tuntas. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu pembelajaran matematika realistik dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengatasi permasalahan pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5071
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository