PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PROSES DAUR AIR KELAS V SD MUHAMMADIYAH CEPITSARI, CANGKRINGAN, SLEMAN
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan hasil belajar melalui penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang proses daur air. (2) Peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang proses daur air. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Cepitsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman kelas V yang terdiri dari 24 orang siswa. Pembelajarn dikelas menggunakan teknik pembagian kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal, 7 Maret 2011. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pada pelaksanaan penelitian terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa. Sedangkan berdasarkan hasil tes akhir dalam pengerjaan tes esai diperoleh porsentase ketuntasan klasikal siklus I menjadi 71 %. dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal pengerjaan tes esaimenjadi 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi proses daur air melalui penerapan pendekatan inkuiri.