dc.description.abstract | Proses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di SMA Nuris
Jember masih konvensional, dengan menggunakan media papan tulis dan OHP. Hal
tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi
yang dipelajari. Siswa harus berpartisipasi secara langsung dalam proses
pembelajaran agar memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi yang
diajarkan. Oleh karena itu guru harus selektif dalam memilih media pembelajaran
yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya materi pelaku
ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
CD pembelajaran dalam bentuk film dapat memperkaya wawasan dan melatih
pola pikir siswa dengan berbagai tampilan yang diberikan untuk menjelaskan materi
pembelajaran ketenagakerjaan. Hal tersebut akan menimbulkan keinginan dan
motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan CD
pembelajaran bentuk film untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ini
dipandang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran ekonomi SK (Standar
Kompetensi) memahami kondisi ketenagakerjaan KD (Kompetensi Dasar) dalam
materi pembelajaran mengklasifikasi ketenagakerjaan. Pada pembelajaran ini
diharapkan siswa yang sebelumya hanya menulis dan mendengar lebih banyak
barperan aktif seperti membaca, mengeksplorasi, menginterpretasi dan menganalisis
gambar, bertanya, mengeluarkan pendapat dan diskusi sehingga memudahkan siswa
dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan,
vii
dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam memahami materi pelajaran
yang diajarkan.
Penggunaan CD pembelajaran dalam bentuk film diharapkan dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena media ini sangat inovatif yang
selalu mengikuti perkembangan yang ada. Media CD pembelajaran berbentuk film
bukan hanya berisi gambar yang bergerak seperti animasi saja namun sudah berupa
bentuk film yang nyata tentang materi ketenagakerjaan. Dengan menggunakan CD
pembelajaran berbentuk film seperti di atas diharapkan akan tercipta kegiatan atau
suasana yang tidak membosankan karena siswa dapat memahami pelajaran secara
mandiri setelah melihat film tentang SK (Standar Kompetensi) memahami kondisi
ketenagakerjaan KD (Kompetensi Dasar) mengklasifikasi ketenagakerjaan dalam
materi pembelajaran ketenagakerjaan.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Nuris Jember di kelas XI.A pada pelajaran ekonomi pokok materi
ketenagakerjaan. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu
pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan
sendiri oleh peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan
metode, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media CD bentuk
film, motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Skor motivasi belajar siswa sebelum
penerapan media CD bentuk film sebesar 2,2, sedangkan skor motivasi belajar pada
siklus I sebesar 2,87, dan pada siklus II 3,53. Motivasi belajar siswa terus mengalami
peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Selain itu hasil belajar
siswa kelas XI.A mengalami peningkatan setelah penggunaan mediaCD bentuk film.
Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70%, dan pada siklus
II sebesar 87,5%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas
XI.A dapat dikatakan tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan | en_US |