ENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Jenis Produk Dalam Bursa Efek)
Abstract
Rendahnya motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA
Negeri Arjasa pada mata pelajaran ekonomi salah satunya dikarenakan
penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan
didominasi oleh guru, untuk itu perlu adanya inovasi dalam penggunaan media
pembelajaran, yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis
wondershare quiz creator. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis
wondershare quiz creator diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang
selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki motivasi dan kemandirian belajar
yang tinggi
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru
dan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar
siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa semester ganjil tahun pelajaran
2012/2013 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan jenis
produk dalam bursa efek.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa Kabupaten
Jember. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan
data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
vii
analisis data deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan data yang diperoleh
dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan motivasi belajar siswa
kategori rendah dengan skor rata-rata 1,78 dan skor rata-rata kemandirian belajar
siswa sebesar 1,89 kategori rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I
diketahui skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 2,87 kategori
cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 3,50 kategori tinggi. Skor rata-rata
kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 2,88 kategori cukup dan pada
siklus II sebesar 3,53 kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan
penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator
dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA
Negeri Arjasa semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 mata pelajaran ekonomi
kompetensi dasar mendeskripsikan jenis produk dalam bursa efek.